Senin, 28 Maret 2016

Teknik Foto Bokeh (Not Boker)


Bokeh ........ Bokeh lho ya bukan Boker or Bokep
Hmmmm... ada yang tahu??
Yang duduk di sebelah kanan tau?? yang sebelah kiri tahu?? atau yang di depan ada yang tau??
lantas tiba-tiba terdengar sahutan terdengar dari arah atas "Kalo Bokep ane tahu.....!!" grrrrrr kampret ne orang. Lantas tak jawab kepenjawab tadi itu "Bokep Gundulmu kuwi...!!, reneo medun, tak slesep no nang karung pisan awakmu, tak iket, trus tak uncalno pisan nang kali"



Udah ah... gak usah diterusin....
Oke tak jawab sendiri aja... Bokeh itu merupakan sebutan buat salah satu teknik fotografi yaitu memblur atau mengkaburkan latar belakang suatu objek foto untuk menonjolkan objek foto itu sendiri. Teknik ini sering digunakan untuk Foto Portrait (Potret). Saya pribadi sangat suka dengan teknik yang satu ini, tapi karna keterbatasan alat yang sebatas lensa Kit 18-55mm, dan juga karena masih baru punya kamera sendiri + Jarang hunting-hunting, jadi saya lebih sering mengambil Foto CloseUp Bunga  dan tumbuhan-tumbuhan lainya, karena cuma objek tersebutlah yang tidak bakal lari kalo dideketi sedeket-deketnya...

untuk contoh Foto Bokeh sendiri bisa di lihat dari penampakan dibawah.

Sumber Gambar : Google 

Nah Bagaimana ? terlihat bagus bukan contoh gambarnya....
Sekarang pasti ada yang bertanya-tanya dalam hati, dalam pikiran atau pas lagi dalam WC .. "Gimana bisa buat foto yang begituan??"

Nah, akan saya coba bahas sekarang, dengan menurut yang saya pahami. Teknik ini bisa dipakai dengan menggunakan kamera apa saja, bahkan kamera HP Sekalipun, tapi untuk hasil yang mungkin bisa seperti gambar diatas, saya sarankan untuk menggunakan Kamera SLR / DSLR, itu karena susunan Optik yang ada di dalam lensa kamera tersebut memang dirancang seperti halnya mata Manusia. dimana saat kita mencoba untuk fokus melihat benda yang sangat dekat maka secara otomatis area diluar fokus akan terlihat kabur atau buram (dalam hal ini background / latar belakang buram), begitu juga sebaliknya saat kita coba fokus dengan benda yang jauh, maka maka benda yang didepan objek akan menjadi buram (dalam hal ini latar depan / Foreground menjadi Buram). Begitulah cara kerja untuk mendapatkan Foto Bokeh menggunakan Kamera DSLR. pada kamera DSLR sendiri kita akan menjumpai yang namanya Focusing Ring (Cincin Fokus) yang mana bila kita menggunakan mode Auto Fokus maka saat kita menekan setengah tombol Shutter maka kamera dengan sendirinya akan mencari titik fokus dan Focusing Ring juga akan bergerak-gerak dengan sendirinya. Lain Hal jika kita menggunakan mode Manual Fokus, dimana sepenuhnya kita sendirilah yang harus mencari titik fokus tersebut dengan cara memutar Focusing Ring kekiri dan kekanan sesuai keinginan kita hingga menemukan fokus yang kita inginkan.

Catatan : semakin dekat objek yang kita fokuskan dari kamera maka semakin Blur / Buram latar belakang, semakin besar bukaan Aperture Lensa, maka semakin mudah kita mendapatkan Blur / efek bokehnya. (Nilai Aperture ditandai dengan Kode awal "f" semakin besar bukaan maka semakin kecil angka pembandingnya.

Contoh : f2.8, f3.5, f5.6, 

lihat gambar ilustrai dibawah
  

Oke Semoga bisa faham dengan penjelasan sederhananya.
Salam Jepreeeeeeeeet ....!! ^_^




1 komentar: